PERANAN PEMERINTAH DESA BUSUNGBIU DALAM MENCEGAH STUNTING

BUSUNGBIU 09 September 2019 10:40:07 WITA

Mengutip dari Buletin Stuntingyang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, stunting adalah suatu kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umur. Atau mudahnya, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Banyak yang tidak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan tubuh si kecil. Terlebih lagi, jika stunting dialami oleh anak yang masih di bawah usia 2 tahun. Hal ini harus segera ditangani dengan segera dan tepat. Stunting adalah hasil dari berbagai faktor yang terjadi di masa lalu. Misalnya asupan gizi yang buruk, berkali-kali terserang penyakit infeksi, serta berat badan lahir rendah (BBLR).Kondisi tidak tercukupinya asupan gizi anak ini biasanya tidak hanya terjadi setelah ia lahir saja. Melainkan bisa dimulai sejak ia masih di dalam kandungan. Hal ini disebabkan oleh asupan ibu selama hamil kurang bergizi dan berkualitas, sehingga nutrisi yang diterima janin cenderung sedikit. Akhirnya, pertumbuhan di dalam kandungan mulai terhambat dan terus berlanjut setelah kelahiran. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat kebutuhan gizi anak saat masih di bawah usia 2 tahun tidak tercukupi. Entah itu tidak diberikan ASI Eksklusif ataupun MPASI (makanan pendamping ASI) yang diberikan kurang mengandung zat gizi yang berkualitas.

Gejala stunting yang paling utama adalah anak memiliki tubuh pendek di bawah rata-rata. Tinggi atau pendeknya tubuh anak sebenarnya bisa dengan mudah Anda ketahui, jika Anda memantau tumbuh kembang si kecil sejak ia lahir.Beberapa gejala dan tanda lain yang terjadi kalau anak mengalami gangguan pertumbuhan seperti Berat badan anak tidak naik, bahkan cenderung menurun, Perkembangan tubuh anak terhambat, seperti telat  menstruasi pertama anak perempuan. Anak mudah terserang berbagai penyakit infeksi. Stunting adalah gangguan pertumbuhan anak, yang jika tidak ditangani dengan baik tentu akan memengaruhi pertumbuhannya hingga dewasa nanti. Bukan cuma dampak fisik saja yang mungkin timbul dari tubuh pendek pada anak. Berikut berbagai risiko yang dialami oleh anak pendek atau stunting di kemudian hari seperti Kesulitan belajar. Kemampuan kognitifnya lemah. Mudah lelah dan tak lincah dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang penyakit infeksi di kemudian hari, karena sistem kekebalan tubuhnya yang lemah.  Memilki risiko lebih tinggi untuk mengalami berbagai penyakit kronis (diabetes, penyakit jantung, kanker, dan lain-lain) di usia dewasa.

Melihat dampak yang ditimbulkan Stunting begitu buruk, maka perlu adanya pengarahan kepada warga masyarakat. Pemerintah Desa Busungbiu saat ini sedang aktif memperhatikan kesehatan bagi warga masyarakatnya. Hal tersebut dapat dilihat dari digelarnya tatap muka antara Plh, Perbekel Busungbiu Ketut Ayu Yuliani beserta Kasi Pelayanan Desa Busungbiu Luh Santereni, Bidan Desa Busungbiu Kadek Sri Pusparuhni serta Babinsa Desa Busungbiu dan Perwakilan Warga Masyarakat yang ditunjuk sebagai Kader Penyuluhan Stunting hari ini Senin, 09 September 2019.
Digelarnya tatap muka ini guna memberikan pengarahan awal bagi para kader yang dipilih. Tugas yang akan diemban para kader ini nantinya untuk melakukan penyuluhan serta pendataan kepada ibu hamil dan anak umur 0 sampai dengan 23 bulan. Penyuluhan serta pendataan ini dilaksanakan untuk mengetahui keadaan gizi bagi balita serta untuk pencegahan dini stunting.

Saat dimintai keterangan Kasi Pelayanan Desa Busungbiu Luh Santereni menjelaskan alasan utama dilaksanakan penyuluhan serta pendataan ini. Menurutnya hal ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian Pemerintah Desa Busungbiu dalam meningkatkan kesehatan warga masyarakatnya. “kegiatan ini untuk meningkatkan kesehatan bagi warga masyarakat kami, khususnya bagi ibu hamil dan balita” keterangan kasi pelayanan ini. Lebih lanjut Luh Santereni mengutarakan harapannya agar kegiatan ini bisa memberikan dampak positif serta pencegahan dini stunting. “harapannya dari kegiatan ini bisa mencegah secara dini stunting” tutupnya

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar