YAYASAN JOHN FAWCETT FOUNDATION ADAKAN PEMERIKSAAN MATA DAN OPERASI KATARAK

operator 18 Februari 2019 10:19:55 WITA

Mengutip dari halaman web www.johnfawcett.com

John Fawcett Foundation (JFF) adalah sebuah organisasi  kemanusiaan yang membantu orang-orang yang membutuhkan di Indonesia, khususnya di bidang pemulihan penglihatan dan pencegahan kebutaan. Ia menawarkan bantuannya kepada orang-orang dalam kelompok sosial ekonomi rendah tanpa biaya dan tanpa pertimbangan agama, politik atau etnis. Sebuah organisasi yang begitu serius dalam bidang kesehatan masyarakat khususnya kesehatan mata.

John Fawcett, pendidik dan Wakil Direktur Perth Technical College, adalah Pendiri yayasan yang menyandang namanya. John pindah ke Bali pada tahun 1983 untuk pulih dari kecelakaan medis yang mengancam jiwa pada tahun 1981, yang membuatnya dirawat di rumah sakit selama hampir tiga tahun.John dengan cepat mengenali kebutuhan medis yang besar di pulau itu dan, dengan bantuan dari Rotary Australia dan Rotary International, memulai pekerjaan kemanusiaan yang kemudian mengambil alih hidupnya, pertama-tama mendirikan Program Bibir dan Langit-Langit Sumbing pada tahun 1989 dan kemudian Klinik Mata Seluler untuk Katarak. Pembedahan pada tahun 1991. Pembentukan The John Fawcett Foundation dan mitra Indonesia-nya, Yayasan Kemanusiaan Indonesia pada tahun 2000 (kemudian berganti nama menjadi Yayasan John Fawcett Indonesia), menyatukan ini dan proyek-proyek kecil lainnya di bawah satu organisasi.

John meninggal pada bulan September 2017. Di masa hidupnya, ia menerima penghargaan berikut untuk pekerjaan kemanusiaannya:

  • Paul Harris Fellow (Rotary International Award) - 1999 - 'sebagai penghargaan atas bantuan nyata dan nyata yang diberikan untuk kemajuan pemahaman yang lebih baik dan hubungan persahabatan antara orang-orang di dunia'
  • Medali Universitas John Curtin - 2003 - untuk 'pekerjaan kemanusiaan dengan orang sakit dan miskin di Bali, Indonesia'.
  • Order of Australia (AM) - 2004 - 'untuk layanan kepada masyarakat dan hubungan internasional selama bertahun-tahun melalui proyek-proyek kemanusiaan untuk meningkatkan kesehatan dan standar hidup bagi orang-orang di Bali'.
  • Satyalancana Kebaktian Sosial (Penghargaan Nasional Indonesia) - 2008 - untuk pekerjaan kemanusiaannya yang luar biasa di Indonesia, terutama dalam penyediaan operasi katarak gratis untuk orang miskin di Bali dan Nusa Tenggara Barat.
  • Uskup Hale Medal - 2010 - diberikan kepada mantan siswa Sekolah Hale, Perth, Australia Barat, 'mengakui pengabdian yang tidak mementingkan diri sendiri untuk tugas, mencontohkan filosofi pelayanan sukarela Uskup Hale untuk dan di masyarakat'.

Di atas tadi kami mencoba menjelaskan sedikit profil yayasan serta pendiri yayasan John Fawcett Foundation (JFF) berdasarkan sumber dari halaman resmi JFF www.johnfawcett.org. Yayasan Yang begitu sangat serius membantu masyarakat dalam hal kesehatan khususnya kesehatan  mata dan operasi katarak. Selasa,19 Februari 2019 besok, yayasan JFF ini akan berkunjung ke Puskesmas Busungbiu I guna melakukan Pemeriksaan Kesehatan Mata dan Operasi Katarak bagi warga Masyarakat, sesuai dengan surat dari Kecamatan Busungbiu yang menindaklanjuti surat dari JFF dengan nomor 07/JFF/2019, rencananya Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Mata dan Operasi Katarak Gratis tersebut dilaksanakan pada pukul 08.00 Wita sampai dengan 12.00 Wita. Tertuang dalam surat tersebut bahwa John Fawcett Foundation juga menargetkan Pemeriksaan Mata Gratis 400 orang dan target untuk Operasi Katarak Gratis mencapai 10 sampai 20 orang serta masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan tersebut diatas agar mengajak pengantar karena bila dilakukan tindakan Operasi harus ada yang menjaga serta menyetujui tindakan tersebut. Hal ini tentu menjadi kabar yang begitu menggembirakan bagi Pemerintah Desa Busungbiu yang juga sangat serius meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan. Harapan Besar Pemerintah Busungbiu agar kedepannya yayasan JFF ini rutin menghadakan kunjungan seperti ini ke Puskesmas Busungbiu I serta Puskesmas lainnya di Kabupaten Buleleng dan Provinsi Bali, agar bisa membantu Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang Kesehatan.

Dokumen Lampiran : Pemeriksaan Mata Masyarakat dan Operasi Katarak


Komentar atas YAYASAN JOHN FAWCETT FOUNDATION ADAKAN PEMERIKSAAN MATA DAN OPERASI KATARAK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar