KETUKAN MIKROFON TANDA DIKUKUHKANNYA PANITIA PENGABENAN MASAL

BUSUNGBIU 20 Mei 2019 08:30:40 WITA

Majelis Alit Desa Pakraman Busungbiu yang di ketuai oleh I Nyoman Dekter yang juga selaku Klian Desa Pakraman Busungbiu Minggu,19 Mei 2019 mengadakan rapat guna membentuk sekaligus pengukuhan susunan panitia dalam rangka upacara pengabenan masal. Dikukuhkannya panitia ngaben masal desa pakraman busungbiu ini ditandai dengan ketukan microfon sebanyak 3 kali
Selain membahas tentang susunan panitia, rapat yang mengambil tempat di Kantor Perbekel Desa Busungbiu ini juga membahas tentang sususan acara pengabenan masal yang rencananya diadakan nanti pada Minggu 23 Juni 2019 dan mengambil tempat di Gedung Serbaguna Desa Busungbiu. Rapat pembentukan panitia ngaben masal Desa Busungbiu ini turut dihadiri oleh Perbekel Desa Busungbiu Ketut Suartama yang di dampingi oleh seluruh perangkat Desa Busungbiu serta seluruh warga masyarakat yang menjadi peserta ngaben masal ( warga yang memiliki sawa )

Rapat yang digelar tepat pada pukul 16.00 Wita sampai dengan pukul 18.30 Wita ini turut juga membahas jumlah sawa serta dadya yang menjadi peserta pada ngaben masal tahun 2019 ini. Sekretaris panitia pengabenan masal  Nyoman Sember menyampaikan kepada para peserta rapat bahwa jumlah sawa yang sudah terdaftar dari bulan Maret lalu sampai tanggal 19 mei 2019 kemarin sudah mencapai 200 sawa dari 55 dadya yang mengikuti ngaben masal. Selain itu jumlah warga masyarakat yang melaksanakan upacara ngerapuh sebanyak 188 orang serta warga yang melaksanakan upacara ngelungah juga sudah tercatat  sebanyak 18 orang dan warga masyarakat yang akan melaksanakan upacara metatah/mesangih tercatat sebanyak 153 orang. Saat ditemui di tempat yang sama, Sekretaris Panitia Pengabenan Masal ini menjelaskan bahwa "Dengan diumumkannya susunan panitia serta susunan upacara pengabenan masal ini, tidak berarti menutup pendaftaran bagi warga masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pengabenan masal ini. Pendaftaran akan ditutup nanti pada Minggu 23 Juni 2019 (upacara Negem Dewasa)

Yang membuat penasaran para peserta / warga yang akan mengikuti pengabenan masal ini ialah masalah pembiayaan. Dalam sambutannya baik Klian Desa Pakraman Busungbiu I Nyoman Dekter maupun Perbekel Desa Busungbiu Ketut Suartama berulang kali mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin dalam mencari bantuan melalui dana hibah Provinsi maupun Kabupaten serta melalui dana BKK agar dapat menyelenggarakan upacara Ngaben Masal Tahun 2019 ini secara gratis. "tityang kesarengin Jro Klian Desa Pakraman lan Prajuru Desa Pakraman Busungbiu miwah Perangkat Desa Busungbiu, jagi meusaha ngererehang bantuan dana Hibah Provinsi lan Kabupaten" jelas Perbekel Desa Busungbiu Ketut Suartama "dalam upacara pengabenan masal niki tiyang nunus majeng ring wargi sane jagi nyarengin mangda mirengan raos dane panitia" lanjut Pria yang akan maju di Pemilihan Perbekel tahun 2019 ini.

Di akhir kegiatan rapat kali ini, Klian Desa Pakraman Busungbiu menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Warga Masyarakat yang hadir pada kesempatan ini. "tiyang selaku Klian Desa Pakraman sekaligus penanggung jawab upacara upakara pengabenan masal niki, banget nunas ring wargi sane jagi pacang nyarengin upacara upakara pengabenan masal puniki, mangde trepti tur mirengan raos dane panitia" jelas pria kelahiran 31 Desember 1947 ini. 

Dalam hal ini, baik Perbekel Desa Busungbiu dan Perangkat Desa Busungbiu maupun Klian desa Pakraman Busungbiu serta Prajuru Desa Pakraman Busungbiu tidak tutup mata dalam memperhatikan kegiatan upacara yang dilaksanakan oleh warganya. Dengan usaha mencari bantuan dana hibah Provinsi dan Kabupaten serta BKK baik Perbekel Desa Busungbiu maupun Klian Desa Pakraman Busungbiu berharap agar bisa mengratiskan biaya Pengabenan Masal ini agar bisa membantu meringankan beban warga masyarakat dalam melakukan upacara.

Komentar atas KETUKAN MIKROFON TANDA DIKUKUHKANNYA PANITIA PENGABENAN MASAL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar