GERAKAN SEMESTA BERENCANA BALI RESIK SAMPAH PLASTIK MENYASAR PASAR TRADISIONAL DESA BUSUNGBIU

BUSUNGBIU 21 Juni 2019 11:47:18 WITA

Pemerintah Desa Busungbiu setiap hari  Jumat  secara rutin melaksanakan kegiatan pembersihan, atau lebih dikenal dengan sebutan Jumat Krida. Pada hari jumat yang lalu, Pemerintah Desa Busungbiu melakukan kegiatan pembersihan di pinggir jalan wilayah Desa Busungbiu, hari ini Pemerintah Desa Busungbiu berserta Pemerintah Kecamatan Busungbiu, jajaran Puskesmas I Busungbiu  didampingi jajaran Polsek Busungbiu serta Koramil 1609-07 Kecamatan Busungbiu melaksanakan kegiatan pembersihan yang berfokus di Pasar Tradisional Desa Busungbiu. Sampah plastik sekali pakai menjadi sasaran utama pada kegiatan ini, para peserta pembersihan baik dari unsur Pemerintah Desa Busungbiu, Pemerintah Kecamatan Busungbiu, Jajaran Puskesmas I Busungbiu,  Jajaran polsek Busungbiu serta Koramil Kecamatan Busungbiu terlihat berbaur, sapu lidi, keranjang dan karung sampak terlihat di tangan para peserta pembersihan. Pukul 07.10 Wita para peserta tergabung dalam kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini. Perbekel Busungbiu Ketut Suartama juga ikut menggerakkan para pegawai kebersihan TPST Desa Busungbiu. Sampah yang terkumpul selanjutnya akat di buang di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Desa Busungbiu, dengan menggunakan mobil kebersihan Desa Busungbiu.Usai melakukan kegiatan pembersihan di pasar tradisional desa Busungbiu selanjutnya para peserta di bubarkan oleh camat Busungbiu I Gede Putra Aryana, S.Sos, MAP.

Perbekel Desa Busungbiu Ketut Suartama dan seluruh Perangkat Desa Busungbiu didampingi petugas kebersihan Desa Busungbiu selanjutnya mengarah ke utara wilayah Desa Busungbiu tepatnya di Jalan Parta, Banjar Dinas Kelod Desa Busungbiu. Selokan yang berlokasi di utara SDN 4 Busungbiu terlihat dipenuhi oleh sampah plastik dan sampah rumah tangga. Perbekel Busungbiu yang dimintai keterangan dilokasi kegiatan pembersihan, menyayangkan selokan yang seharusnya dialiri air hanya di hiasi oleh timbunan  sampah, “saya tidak menuduh siapa yang membuang sampah di selokan, tapi intinya saya menyayangkan ini,” terangnya. Lebih lanjut Perbekel yang akan memasuki masa cuti pada tanggal 25 Juni 2019 ini juga menghimbai agar Warga Masyarakat Desa Busungbiu khususnya warga yang bertempat tinggal di wilayah tersebut agar memebantu Pemerintah desa Busungbiu dalam menjaga kebersihan, “bak (tempat pembuangan) sampah sudah kami sediakan, selanjutnya kami minta kepada warga masyarakat agar bersedia membuang sampah di tempat (bak) sampah”. Sampah yang tadinya menutupi aliran air tersebut selanjutnya dibawa ke TPST Desa Busungbiu untuk selanjutnya dipilah.

Fokus Pemerintah Desa Busungbiu tentu juga harus dibarengi dengan kesadaran Warga Masyarakat.  Pemerintah Desa Busungbiu akan selalu mengadakan evaluasi untuk menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Desa Busungbiu.

Komentar atas GERAKAN SEMESTA BERENCANA BALI RESIK SAMPAH PLASTIK MENYASAR PASAR TRADISIONAL DESA BUSUNGBIU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar