DESA BUSUNGBIU DISAMBANGI TIM VERIFIKASI RUPA BUMI UNSUR CAGAR BUDAYA DAN SEJARAH DESA

BUSUNGBIU 14 Agustus 2019 18:37:38 WITA

 

Desa Busungbiu adalah salah satu Desa yang berada di Kabupaten Buleleng tepatnya di Kecamatan Busungbiu. Desa Busungbiu yang saat ini dihuni oleh sekitar 2727 kepala keluarga ini bisa dikategorikan Desa yang tua, kategori Desa tua ini dapat dilihat dari fakta sejarah fisik maupun dari adat istiadat serta tradisi yang ada di Desa Busungbiu ini. Fakta fisik tersebut bisa dilihat dari ukiran yang ada di Khayangan Tiga Desa Pakraman Busungbiu. Ukiran batu yang berada di Pura Puseh, Pura Desa serta Pura Dalem Desa Busungbiu ini seakan menjadi bukti bahwa Desa Busungbiu ini bisa dikategorikan Desa Tua. Bukan hanya bukti fisik dari bangunan Khayangan Tiga saja, dari unsur adat istiadat serta tradisi yang ada di Desa Busungbiu ini juga seakan menjadi faktor pendukung. Sebut saja  tradisi berburu kijang (maboros) yang ada di Desa ini, tradisi maboros yang rutin digelar sebelum upacara pujawali ini begitu unik serta kaya akan sejarah sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Dari faktor tersebut diatas maka Desa Busungbiu dapat dikategorikan Desa yang Tua sehingga menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk menggelar kegiatan Verifikasi Pembakuan Nama Rupa Bumi Unsur Cagar Budaya Serta Sejarah Desa . Tim Verifikasi tersebut terdiri dari Kasubag Pemerintahan Sekretaris Daerah (Setda)  Kabupaten Buleleng Made Septa Satya Prasetya, SH di damping Staf Kasubag Pemerintahan Setda Kabupaten Buleleng  Ketut Gede Mahendra beserta Kadek Widiastra dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng dan Nengah Nadra dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng selain itu Staf Kecamatan Busungbiu Kadek Suartawan didampingi Plh. Perbekel Busungbiu Ketut Ayu Yuliani serta Jro Klian Desa Pakraman Busungbiu I Nyoman Dekter juga ikut serta mendampingi tim verifikasi dalam melaksanakan kegiatan. Sebelum kegiatan verifikasi ini dimulai terlebih dahulu tim verifikasi ini meminta ijin kepada Jro Klian Desa Pakraman Busungbiu. Selain untuk memverifikasi pembakuan nama rupa bumi unsur cagar budaya serta sejarah desa tujuan lain dari kegiatan ini ialah menentukan titik koordinat  Pura Khayangan Tiga.

Jro Klian Desa Pakraman Busungbiu I Nyoman Dekter saat ditemui di Jabaan Pura Puseh Desa menyambut baikkedatangan Tim Verifikasi.”tiang sangat menyambut baik kegiatan ini” terangnya .Saat dimintai keterangan Jro Klian menyampaikan harapannya agar unsur sejarah yang ada Di Desa Busungbiu dapat terus dijaga agar nantinya dapat menjadi warisan bagi generasi mendatang. “tiang juga berharap unsur sejarah yang ada di Desa Busungbiu ini dapat dijaga dengan baik, agar nantinya generasi yang akan datang tahu akan sejarah Desa Busungbiu” tutupnya.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar