PELAKSANAAN MUSRENBANG DESA BUSUNGBIU BERJALAN LANCAR

BUSUNGBIU 24 September 2019 12:10:03 WITA

Musrembang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) Desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan rutin setiap tahunnya dengan mengacu pada RPJM Desa. Setiap Desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 6 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Desa Busungbiu setiap tahunnya rutin melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) maupun Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa). Adapun tujuan dari kegiatan Musrenbang Desa Busungbiu ini antara lain :  

  1. Menyepakati prioritas kebutuhan / masalah dan kegiatan desa yang akan menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa
  2. Menyepakati Tim Delegasi desa yang akan memaparkan persoalan daerah yang ada di desanya pada forum Musrenbang kecamatan untuk penyusunan program pemerintah Daerah / SKPD tahun berikutnya

 

Dalam pelaksanaan Musrenbang tahun 2019 ini, turut dihadiri pula oleh Camat Busungbiu yang kali ini diwakili oleh Kasi Pembangungan Kecamatan Busungbiu I Putu Edy Sutrisna,S,Kom didampingi Kasi Pemerintahan Kecamatan Busungbiu Ketut Setiawan,S,Sos, Ketua BPD Desa Busungbiu yang diwakili oleh Ketua Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Pembinaan Kemasyarakatan Putu Swastika, S.Pd. beserta, Ketua Bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Gede Aman Rudi Sulantara didampingi anggota BPD, Kelian Desa Pakraman Busungbiu I Nyoman Dekter didampingi Kelian Banjar Adat Kaja, Tengah Kelod, serta Babinsa Desa Busungbiu Made Tegeh didampingi Babinkantibmas Desa Busungbiu AIPTU, I Kadek Sukarata serta Perwakilan Tokoh Masyarakat Desa Busungbiu.

Dalam kegiatan Musrenbang hari ini Selasa (24/9) Kaur Perencanaan Desa Busungbiu komang Sancita di tunjuk sebagai pembaca materi usulan hasil Musdes serta pencermatan RPJM Desa dan RKP Desa tahun berjalan yang masuk dalam rencana kerja pemerintah desa tahun anggaran 2020. Dalam Musrenbang ini pula ada beberapa usulan dari peserta rapat meliputi pengadaan bibit tanaman buah yang diusulkan oleh Wayan Sujaya Kelian Subak Abian Bhuana Sari serta Penunjukan Captain Arung Jeram yang diusulkan oleh Putu Pujastawa Ketua Pokdarwis Desa Busungbiu.

Plh Perbekel Desa Busungbiu yang hari ini memimpin Pelaksanaan Musrenbang Desa Busungbiu, saat ditemui dilokasi usai kegiatan Musrenbang berlangsung memberikan keterangan bahwa Pemerintah Desa Busungbiu akan mencatat usulan dari peserta Musrenbang yang nantinya akan di rembugkan bersama Tim Perumus RPJM Desa dan RKP Desa. “sementara ini kami tamping dulu, selanjutnya akan kami rembugkan bersama tim perumus” singkatnya.
tak lupa pula Ketut Ayu Yuliani menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan Musrenbang ini, sehingga kegiatan Musrenbang Desa Busungbiu tahun 2019 ini berjalan dengan lancar.

Komentar atas PELAKSANAAN MUSRENBANG DESA BUSUNGBIU BERJALAN LANCAR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar