HUJAN LEBAT DISERTAI ANGIN KENCANG AKIBATKAN RUMAH 5 ORANG WARGA MENGALAMI KERUSAKAN

BUSUNGBIU 09 November 2019 18:02:22 WITA

Hujan lebat yang disertai angin kencang yang melanda wilayah Desa Busungbiu pada Sabtu, 09 November 2019 sekitar pukul 14.00 wita. Hujan yang beritensitas lebat tersebut disertai dengan angin yang cukup kencang mengakibatkan rumah 5 orang warga Desa Busungbiu mengalami kerusakan ringan hingga berat. Adapun rah yang mengalami kerusakan tersebut tersebat di 2 banjar dinas yang ada di Desa Busungbiu yakni Banjar Dinas Kelod (pancoran) dan Banjar Dinas Tengah (munduk) 

Di Banjar Dinas Kelod (pancoran) 3 orang warga mengalami kerusakan rumah yang disebabkan oleh hujan yang disertai angin tersebut. Rumah Wayan Arsana, Ade Ardana dan Ketut Suasa mengalami kerusakan akibat kejadian ini, namun tidak ada koban jiwa maupun korban luka dalam musibah ini. Dari ke 3 rumah yang rusak di banjar dinas kelod, rumah Wayan Arsana yang paling naas, seluruh atap rumah yang ditinggalinya bersama seorang istri dan 3 orang anaknya itu roboh akibat hujan yang di sertai angin tersebut. Rumah yang luasnya 8x5 meter tersebut hanya menyisakan tembok bangunan yang juga retak serta pakaian yang basah akibat air hujan, sedangkan peralatan elektronik televisi dan juga parabola yang dimiliki Wayan Arsana rusak akibat musibah ini. Saat di mintai keterangan sang istri Ni Wayan Suyas Sari menjelaskan bahwa pada saat kejadian dirinya sedang berada di teras rumah sedangkan ke tiga anaknya sedang bermain di rumah pamannya dan sang suami sedang bekerja sebagai sopir."Saat kejadian saya yang di rumah, anak di rumah paman dan suami lagi kerja sebagai sopir" tuturnya. Lebih jelasnya perempuan kelahiran tahun 1979 ini menjelaskan tentang awal mula kejadian."awal mula kejadian saya mendengar suara angin gemuruh, saya lihat datang anginnya dari timur, setelah itu saya ingat kejadian yang saya lihat di televisi , saya berfikir ini angin puting beliung" sambungnya. Setelah mengetahii angin kencang datang Ni Wayan Suyas Sari langsung bergegas ke luar halaman rumah dan beliau lihat dengan nyata betapa ganasnya angin menerbangkan atap rumahnya. "Setelah itu saya lari ke depan (meninggalkan halaman rumah), saya lihat jelas atap rumah saya terbang" lanjutnya. Meskipun demikian ibu rumah tangga ini tetap bersyukur karena tidak adanya korban jiwa dan luka-luka akibat kejadian ini."syukurnya saya dan anak bisa selamat dan tidak mengalami luka"terangnya. Akibat kejadian ini keluarga Wayan Arsana mengalami kerugian sebesar 25 juta. Sedangkan rumah 2 orang warga lainnya yakni Ade Ardana dan Ketut Suasa hanya mengalami kerusakan ringan akibat hujan dan angin kencang ini. Sementara di Banjar Dinas Tengah 2 unit rumah terkena dampak hujan lebat dan angin kencang ini. Bangunan dapur, toilet dan parkir sepeda motor milik Kadek Aridana mengalami kerusakan atap dan Rumah Wayan Suparsa mengalami kerusakan atap akibat diterjang angin. Akibat Kejadian ini Kadek Aridana dan Wayan Suparsa mengalami kerugian meteriil sebesar 2 juta.

Perbekel Busungbiu Ketut Suartama yang mengetahui musibah ini langsung merespon dan meninjau ke masing-masing rumah warga yang terdampak hujan lebat yang disertai angin ini. Seusai meninjau rumah warga yang terdampak, Perbekel Ketut Suartama menyampaikan rasa prihatinnya."saya ikut prihatin atas kejadian ini" terangnya. lebih lanjut Perbekel Ketut Suartama menerangkan akan memfasilitasi secara administrasi pengajuan proposal bantuan ke pada BPBD Kabupaten Buleleng serta mencarikan bantuan ke LPD Desa Busungbiu. "Saya akan fasilitasi pengajuan bantuan ke BPBD dan mencarikan bantuan dana Bencana Alam ke LPD Desa Busungbiu" singkatnya. Pihak BPBD Kabupaten Buleleng yang mengetahui kejadian ini langsung melakukan aksi cepat tanggapnya dengan mendatangi lokasi serta meminta informasi kepada pemilik rumah. Dalam kunjungannya tersebut Pihak BPBD berjanji akan memfasilitasi lewat dana bansos yang nantinya akan diusulkan ke BPBD Provinsi Bali.

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar atas HUJAN LEBAT DISERTAI ANGIN KENCANG AKIBATKAN RUMAH 5 ORANG WARGA MENGALAMI KERUSAKAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar