Visi dan Misi

31 Januari 2017 19:48:35 WITA

VISI DAN MISI/PROGRAM PERBEKEL DESA BUSUNGBIU

TAHUN 2013 - 2019.

Visi : Mewujudkan Pemerintahan Desa Busungbiu yang Peduli, Respon, Transparansi dan
          Profesional melalui :

  • Peningkatan Mutu Pelayanan Kepada Seluruh Masyarakat Desa Busungbiu.
  • Meningkatkan Azas Gotong-Royong Dalam Segala Kegiatan Pembangunan di Desa.

Misi : Misi/Program ke Depan Yang Diuraikan dalam Visi di Atas Adalah :

 

  1. PROGRAM JANGKA PENDEK :

-        KEBERSIHAN DESA

Kebersihan Desa adalah salah satu cerminan suatu desa yang masyarakatnya peduli dengan lingkungan masing masing, oleh karena itu sudah kami rencanakan yang merupakan program percepatan adalah penanganan sampah,  yang selayaknya harus menjadi tanggung jawab kita bersama mengingat keadaan sampah sekarang belum tersentuh penanganan yang optimal. Ke depan perlu dicarikan solusi dengan melibatkan Pemerintahan Desa ( BPD, LPM, PERANGKAT DESA ), Prajuru Adat dan Tokoh Masyarakat untuk mewujudkan sistem penanganan sampah yang sesuai dengan kondisi desa.

Penanganan sampah tersebut tanpa didukung dengan armada sampah yang memadai dan tenaga pengangkut yang sesuai serta operasional yang seimbang maka secara otomatis penanganan sampah tersebut sulit untuk kita laksanakan.

Maka solusi yang kami rencanakan adalah dengan menyiapkan Armada sampah yang memadai, merekrut tenaga tukang pungut sampah yang sesuai dan bertanggungjawab serta mengupayakan biaya operasionalnya dengan selalu bermusyawarah dan melibatkan tokoh tokoh masyarakat. 

 

  1. PROGRAM JANGKA MENENGAH

 

-        PEMEKARAN DUSUN

 

Program jangka menengah yang kami rencanakan adalah dalam upaya meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan profesional kepada seluruh masyarakat, perlu diusulkan tentang pengembangan/pemekaran dusun. Mengingat sesuai dengan jumlah penduduk desa busungbiu sudah melebihi dari kapasitas pelayanan baik secara administrasi dan kewilayahan masing masing dusun.

Tujuan dari pemekaran wilayah/dusun ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyrakat dan dapat memantau segala potensi dan permasalahan di masing masing wilayah sehingga dapat mempermudah dan memperlancar komunikasi antara pemerintahan desa dengan masyarakat.

-        AMBULANCE DESA

Desa Busungbiu yang geografisnya sekitar 31 KM dari ibu kota kabupaten dan jumlah penduduknya sekitar 9 ribu lebih yang sudah pasti adanya potensi memerlukan pelayanan kesehatan yang bersifat mendadak, apalagi di puskesmas belum didukung peralatan medis yang memadai.

Untuk memberikan pelayanan khusus dibidang kesehatan kepoada masyarakat terutama masyarakat yang menderita sakit mendadak atau pada malam hari perlu direncanakan dan memprogramkan Pengadaan AMBULANCE DESA.

Rencana tersebut akan diusahakan dengan selalu melibatkan tokoh masyarakat dan Pihak III.

 

  1. PROGRAM JANGKA PANJANG

-        PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR ( REHAB KANTOR PERBEKEL )

Program jangka panjang adalah kelanjutan dari program jangka menegah desa yaitu melihat dari potensi dan permasalahan di desa yang paling menonjol adalah perlunya merehab kantor perbekel desa busungbiu karena keadaannya sekarang sudah kurang memadai. Hal yang menunjang untuk perehaban tersebut adalah  Kantor Perbekel merupakan central pelayanan kepada seluruh masyarakat baik secara administrasi, musyawarah dan segala aktifitas pertemuan yang berhubungan dengan pemerintahan desa. Maka perlu disediakan infrastruktur yang memadai sesuai dengan kapasitas kebutuhan.

 

-        INFRASTUKTUR LAINNYA

Merencanakan pembangunan secara berkala denagn melihat kondisi yang mendesak seperti perehaban beberapa gang yang tidak memadai dengan tetap mengupayakan dari swadaya masyarakat dan beberapa pihak yang terkait.

 

  1. PROGRAM UMUM

 

-   Meningkatkan peranan Lembaga Desa (LPM, Karang Taruna, Linmas, dan Lembaga lainnya) untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan berupaya meningkatkan kesadaran peran serta masyarakat untuk menerapkan semangat gotong royong dalam kebersihan desa untuk mengarah kepasda desa sadar lingkungan.

-     Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kerjasama antar lembaga pemerintahan di desa serta lembaga adat.

-        Menciptakan suasana yang aman dan tertib dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung