MUSYAWARAH DESA REMBUK STUNTING DESA BUSUNGBIU

BUSUNGBIU 08 Juli 2022 10:42:40 WITA

Pemerintah Desa Busungbiu akan melakukan berbagai langkah aksi untuk mencegah dan menekan angka stunting di wilayahnya. Dimana, pencegahan stunting harus segera dilakukan sejak dini.

Hal tersebut diungkapkan Perbekel Desa Busungbiu Ketut Suartama dalam kegiatan Musyawarah Desa yang membahas tentang rembuk stunting yang berlangsung di Kantor Perbekel Busungbiu, pada Jumat, 08 Juli 2022. Kegiatan Musyawarah Desa Rembuk Stunting ini turut dihadiri pula oleh Ketua BPD Gede Aman Rudi Sulantara beserta Anggota BPD, dengan mengundang Perbekel Desa Busungbiu serta Perangkat Desa, Kader KPM, Kader Posyandu, Bidan Desa, Pendamping Desa, Babinkamtibmas serta Babinsa.

Oleh karenanya, beberapa kajian dan langkah-langkah strategis dibahas dalam agenda “Rembuk Stunting” yang berlangsung di Kantor Perbekel Desa Busungbiu.

Perbekel Ketut Suartama menjelaskan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan (hpk). Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang.

“Untuk itu, penurunan dan pencegahan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan. Stunting mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal. Hal ini berisiko menurunkan produktivitas pada saat dewasa. Stunting juga menjadikan anak lebih rentan terhadap penyakit tidak menular degeneratif,” terang Perbekel Ketut Suartama dalam acara tersebut.

Menurutnya, penanganan stunting merupakan investasi pembangunan jangka panjang bidang sumber daya manusia. Sebab, stunting disebabkan oleh faktor multidimensi yang dalam penanganannya memerlukan peran dari berbagai lintas sektoral.

Untuk itu Perbekel Ketut Suartama memastikan tersedianya dan berfungsinya kader yang membantu pemerintah desa dalam pelaksanaan intervensi gizi. Meningkatkan sistem pengelolaan data stunting dan cakupan intervensi di tingkat kabupaten/kota.

Ketua BPD Desa Busungbiu Gede Aman Rudi Sulantara, sejak tahun 2021 sudah ditetapkan menjadi salah satu kegiatan prioritas pencegahan dan penurunan stunting.

Komentar atas MUSYAWARAH DESA REMBUK STUNTING DESA BUSUNGBIU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar