Menanamkan Kesadaran Memilah Sampah Sejak Dini

operator 27 Juli 2018 14:29:34 WITA

Pemilahan sampah belakangan ini sudah menjadi hal yang populer. Umumnya, sampah hanya dipilah menjadi 2 kategori, sampah organik dan non-organik. Namun, tidak jarang sampah juga dipilah menjadi berbagai kategori yang lebih banyak lagi. Pemilahan sampah ini merupakan hal yang penting, mengingat cara daur ulang pada jenis sampah yang berbeda menggunakan metode yang berbeda pula.

Setelah melakukan survey dan melihat keadaan di lapangan, mahasiswa KKN PPM XVII Universitas Udayana yang bertugas di Busungbiu (Busungbiu Team) menyadari bahwa kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memilah sampah masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, bidang sosial dan budaya dari Busungbiu Team membuat program berupa sosialisasi terkait pentingnya memilah sampah kepada anak-anak SD di SD Negeri 3 Busungbiu dan SD Negeri 4 Busungbiu.

Sosialisasi di SD Negeri 3 Busungbiu telah dilakukan pada hari Selasa tanggal 24 Juli 2018. Sedangkan, sosialisasi di SD Negeri 4 Busungbiu telah dilakukan pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2018. Kegiatan sosialisasi diikuti oleh anak-anak kelas V dan VI di kedua SD tersebut.

Sosialisasi yang dilakukan berjalan dengan lancar dan disambut baik oleh pihak sekolah, baik dari guru-guru maupun siswa yang menjadi peserta. Rangkaian kegiatan sosialisasi diawali dengan perkenalan mahasiswa-mahasiswa yang bertugas, kemudian pemaparan materi terkait pemilahan sampah dengan metode dan media yang mudah dimengerti anak-anak, lalu dilanjutkan dengan kuis untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak-anak terhadap materi yang telah dipaparkan dan terakhir ditutup dengan sesi foto bersama.

Anak-anak yang menjadi peserta di kedua SD sangat antusias menerima materi yang diberikan, selain itu selama sesi kuis anak-anak juga sangat aktif dan antusias untuk menjawab, apalagi dengan adanya hadiah yang telah disiapkan sebelumnya. Mahasiswa KKN berharap dengan adanya sosialisasi ini, anak-anak SD yang selanjutnya akan menjadi generasi perubahan bagi desa mampu membiasakan diri untuk memilah sampah, dan selanjutnya mampu mendaur ulang sampah yang telah dipilah menjadi hal yang lebih bermanfaat.

Komentar atas Menanamkan Kesadaran Memilah Sampah Sejak Dini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar