RANGKAIAN KEGIATAN PAGELARAN SENI BUDAYA GITA MERDANGGA SHANTI V TAHUN 2019

BUSUNGBIU 17 Mei 2019 10:15:59 WITA

Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti Kecamatan Busungbiu rutin diadakan setiap tahunnya. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus, selain untuk menampilkan Seni dan Budaya yang ada di masing- masing desa di wilayah kecamatan Busungbiu, kegiatan ini juga dilaksanakan guna memperingati hari Kemerdekaan.

Tetapi pada tahun 2019 ini, Kegiatan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti digelar pada bulan Mei dikarenakan berbagai pertimbangan. Sabtu 25  Mei 2019 akan dilaksanakan kegiatan pembukaan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti.

Patemoning Pangidering Bhuana menjadi tema Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti yang ke V ini. Patemoning Pangidering Bhuana sendiri mempunyai makna Membangun Busungbiu dari Segala Aspek.  Kegiatan ini sendiri mengambil Panggung Utama di Lapangan Kecamatan Busungbiu. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari ter hitung dari tanggal 24 Mei s/d 28 Mei 2019. Ke 15 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Busungbiu akan mengirimkan perwakilannya masing-masing untuk memeriahkan kegiatan ini.

Adapun susunan Kegiatan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti V sebagai  berikut :

Jumat, 24 Mei 2019 akan dilaksanakan kegiatan Lomba Gebogan Bunga antar Tim Penggerak PKK Desa, kegiatan ini mengambil tempat di Kantor Camat Busungbiu

Selanjutnya Sabtu,25 Mei 2019 akan dilaksanakan kegiatan Pembukaan, Kegiatan ini mengambil Panggung Utama di Lapangan Kecamatan Busungbiu. Baleganjur Desa Kekeran direncanakan akan mengisi kegiatan pembukaan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti. Selain Baleganjur Desa Kekeran, Desa Umejero menampilkan Tari Palewakya sebagai tari penyambutan serta Penambilan Gong Kebyar Mebarung antara Desa Umejero Dengan Desa Kedis. Selain itu  Pada acara Pembukaan ini para penonton akan disuguhi penyampilan dari artis Pop Bali A.A Raka Sidan.

Minggu, 26 Mei 2019 hari kedua digelarnya kegiatan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti V penonton akan disuguhkan Penampilan Gong Kebyar Wanita dari Desa Puncaksari, Selain Itu Artis Pop Bali Tri Puspa akan direncanakan akan ikut memeriahkan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti V pada hari kedua ini. Selain itu, Desa Telaga akan tampil dengan Seni Kreasi Modern dan sebagai penutup di hari kedua ini Gong Kebyar Mebarung antara Desa Pelapuan dan Desa akan tampil di hari kedua ini.

Hari ketiga pasca dilaksanakannya Kegiatan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti , artis Pop Bali Yan Srikandi akan tampil untuk menghibur penonton. Geguntangan Desa Bongancina juga akan ikut menampilkan penampilan terbaiknya. Koor PKK Desa Sepang Kelod pada hari ketiga ini direncanakan juga akan ikut menghibur penonton Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti V ini.  Desa Titab juga tidak mau kalah, Baris Tunggal wakil Desa Titab akan ikut berpartisipasi di hari ketiga ini. Belum cukup sampai disitu saja, Gong Kebyar Mebarung Pria antara Desa Subuk dan Bengkel menjadi penutup pada hari ketiga ini.

Hari Penutupan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti V pun telah tiba, Selasa 28 Mei 2019 menjadi hari terakhir Kegiatan ini. Di hari penutupan ini Baleganjur Desa Sepang di tunjuk sebagai wakil Desa Sepang. Tak mau kalah dengan Desa lain di wilayah Kecamatan Busungbiu, Desa Busungbiu juga menunjuk wakil terbaiknya, dan yang terpilih kali ini ialah Joged Bungbung Tempekan Dukuh. Apakah cukup sampai disini saja acara penutupan Pagelaran Seni Budaya Gita Merdangga Shanti V ini? Tentu saja tidak Gana Band serta Artis Pop Bali Jun Bintang akan dijadwalkan memeriahkan kegiatan ini di hari penutupan kali ini.

Komentar atas RANGKAIAN KEGIATAN PAGELARAN SENI BUDAYA GITA MERDANGGA SHANTI V TAHUN 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender bali

Jam Digital

Perkiraan Cuaca

Lokasi Busungbiu

tampilkan dalam peta lebih besar